Wednesday, June 20, 2012

info belajar quilt

info tentang quilt aku dapetin di internet kayak gini:
Jahit-jahit Perlengkapan Bayi
-Sabtu-Minggu yang produktif (lagi)-

Sabtu-Minggu kemaren (alhamdulillah) kesampaian juga untuk jahit beberapa barang lagi untuk persiapan kedatangan si anggota baru.

Dari 5 barang yang minggu lalu sudah direncanakan, ternyata cuma 2 yang sempat dibuat, yaitu Nursing cover dan Boopy (bantal bengkok).  Hooded blanket (selimut yang ada tutup kepalanya) dan Baby bib (celemek bayi) belum sempat, tapi bahannya sudah ada sih. Eh…yang tadinya nggak direncanain malah dibuat karena iseng-iseng, yaitu Soft cubes (mainan bentuk dadu dari bantal) dan waslap. O iya kain bedong warna-warni juga sudah siap.

Kalo Baby sling (kain gendongan) kayaknya susah deh, habisnya ring metal untuk kaitnya, sampai sekarang masih belum ketemu. Di mana ya nyarinya…? Mosok untuk itu aja harus beli online sih?

Nah..sekarang aku mau cerita projectnya satu-satu dulu ya…

Project 1: Nursing Cover

Nursing Cover ini pertama kali aku lihat di internet. Fungsinya untuk menutupi bayi dan badan ibunya pas lagi menyusui di tempat umum. Jadi, kalau si bayi lagi dibawa jalan-jalan dan si bayi minta disusui, nggak perlu lagi repot-repot mencari ruangan yang tertutup karena si Ibunya malu mau menyusui. Aku sih ngebayangin...... nanti bisa aku pakai kalau lagi di mall atau lagi piknik. Asyik kali ya.....

Dari beberapa situs yang ngajarin cara membuatnya, yang ngajarinnya jelas, aku bilang, yang dua ini:


atau

(klik aja di daftar tutorial yang di sebelah kanan)


Selain kain dan benang, bahan lain yang dibutuhkan adalah ring metal berbentuk D (ukuran 1 inch) dan plastic bonning. Karena ring D ini nggak dapet, aku pakai velcro (kancing tempel) aja, sedangkan untuk bonningnya aku pakai plastik untuk kerangka kamisol/longtorso (di toko alat-alat jahit, biasanya ada). Sebenarnya, bisa juga pakai tali plastik yang biasa dipakai untuk mengikat koper, seperti yang suka ditawarin di bandara kalau mau naik pesawat terbang itu, tapi mungkin perlu dua lapis supaya cukup tebal.

Terus...Karena Jakarta panas makanya aku pilih kain katun yang tipis aja, yang penting kainnya halus, karena nanti akan kena kulit bayi.

Nah...setelah polanya dimodifikasi sesuai bahan yang ada dan ukuran tubuhku, jadilah hasil karya ku...ini.

 

Project 2: Boppy
Boppy ini adalah bantal untuk alas menyusui, dipakainya di pinggang si ibu, dan si bayi dibaringkan di atasnya. Nanti kalau bayi sudah mulai belajar tengkurap dan duduk, ini bisa berfungsi juga sebagai sandarannya. Lihat aja gambarnya situs ini:
 
Katanya sih, bisa mengurangi pegel si ibu kalau lagi menyusui. Nah...setelah dicari-cari, ketemu juga cara membuatnya dan polanya. Kalau teman-teman  mau ikut buat juga, cara pembuatan dan polanya ada di sini:

(yang ini ngajarin buat bantalnya aja)

atau disini

(kalau yang ini, ngajarin buat bantalnya dan sarung bantalnya juga)

Sayangnya sarung bantal yang diajarin itu, pakai resleting, padahal, aku prefer yang tanpa resleting, (soalnya ujung resleting yang besi itu, nanti kan bisa kena kulit bayi).

Eh...ternyata di youtube ada cara membuat sarung boppy tanpa resleting ! Dan buatnya jauh lebih gampang daripada pasang-pasang resleting segala, coba aja liat disini:


O iya, jadi hasil karyaku ini:

 
Project 3: Soft cubes

Ini fungsinya bisa buat mainan bayi, untuk melatih motoriknya, dan bisa juga untuk pajangan di kamar bayi, soalnya bentuknya imut-imut banget kan…?
 

Cara buatnya ada di sini:

Tapi di situs itu, tanpa pita yang dicantolkan di sana-sini. Aku ngeliat di salah satu toko online, kubusnya itu dikasi pita-pita kok bagus juga ya....? Ya udah, aku kasi pita-pita juga. Hasilnya kiyuut kan....

Project 4: Washlap

Kalau project yang satu ini, bener-bener karena iseng-iseng aja. Soalnya punya bahan handuk dan pita yang cocok, ya udah sekalian aja. Bahan handuk ini sebenernya dibeli untuk membuat saputangan dan celemek bayi, tapi karena belum mood membuat celemek, ya sudah buat yang gampang-gampang aja dulu.

No comments:

tulisan baru

hadeeeh... gw dari dulu suka nulis.. jangan dibilang kena fb, wa gw gak pernah nulis. emang gw gak suka nyetatus... riskan kalo blog ...