Wednesday, April 21, 2010

Segitiga emas Sudirman

egitiga emas Sudirman.

Buat saya, yang disebut Segitiga emas Sudirman, kalo dilihat di peta dan realitinya khusus pejalan kaki, Sudirman-Casablanca-Rasuna Said. Tiga lokasi ini bisa ditemput dengan jalan kaki bukan hanya di ujung-ujungnya, tapi tepat ditengah-tengahnya. Bukan Sudirman - Thamrin-Rasuna. Banyak diincar sebagai lokasi kantor, pelaku bisnis pun gak ketinggalan menyemut tinggal disana. Seperti saya.. meski cuman masih jadi jongos ekspatriat.. (Huahh... kapan maju negri ini kalo bermental kaya saya, mental karyawan, mental eksmud, tp bukan mental entrepreneur, owner, or founder. )  Just follow the river's flow of life ajalah...



 Foto di atas pemandangan senja dari sebuah gedung perkantoran di Jln. Sudirman, gedung Nugra Santana.


Foto ini aku ambil waktu pulang kantor menjelang magrib disisi kanan depan kamarku.  Kalo ada jendela disisi belakang... pemandangan sehari hari dari depan kamarku lantai 3 kos-kosan Komando III-1 Setiabudi Jakarta Selatan 2007. 

Sebuah apartamen di sisi kiri nekat dibangun diwilayah padat perkampungan membunuh pemandangan disisi kirinya....  Apartemen itu milik Sahid group... hhh. Proses pembangunannya bikin macet Jl. Anggrek, yg merupakan penghubung Sudirman, Casablanca, Rasuna.


Jangan salah, meski demikian, kehidupan disini majemuk banget, lengkap banget, strategis banget.
Paling banyak adalah kos kosan, semi apartemen, maupun kontrakan. Dekat perkantoran dan kos-kosan, warung tegal hingga kelas semi restoran bertebaran. Taman juga ada meski sempit,  Angkot no. 23 dari Manggarai - Kuningan (seberang Pasar Festival atau sebelah Mulia Building), mulai pukul 6 pagi hingga pukul 21.00 masih ada.  Ojek? 24 jam.  Sekolah dari TK hingga SMA ada, TPA berjamur di masjid-masjid yang Alhamdulillah hampir disetiap jalan ada.


Lihat di peta dari asiamaya ini.  Hmmm... akurat lo.

Jl. Komando Setiabudi - gudangnya kos di Segi3 Emas


Nah... alasan memilih tempat tinggal disini ........ tentu saja karena:
  • Lokasi dekat kantor.
  • bisa jalan kaki
  • hemat waktu, dari pada ngukur jalan,
  • hemat biaya perjalanan,
  • kemana-mana gampang mau via Sudirman, Casablanca or Rasuna.
  • jalur hijau men....
  • aman buat wanita... (jam di jakarta full 24 jam...) kan kasihan, kalo wanita harus pulang malam karena kerjaan, harus sendirian di tempat umum yang jauh dari tempat tinggal
Tempat tinggal di segitiga ini belum tentu mahal.... mahal biaya transport juga susah... rugi nya lebih banyak.. Makanya banyak pelaku bisni memilih tempat tinggal di apartemen yg punya akses gampang.
Kita Alhamdulillah dapet tempat di Jl. Komando III-I. 

Dari tempat kami di komando hmmm... keluar pagar rumah: belok kanan:

Ke Komando III.  Komando I ke kanan ke Sudirman.

Ke kanan dan ke kiri ke arah Casablanca, Kuningan, Tebet, Jatinegara... wherever you want.

But sebelum nyampai ke Casablanca... kalo siang atau malam bisa lunch atau dinner murah meriah enak, makanan rumahan di Warung Yanto (liat di foto tuh.. ada juga yang motret), di dekat jalan Royani, belok kiri. 
Kalo sudah di kampung segitiga Sudirman ini, jangan dibayang semua jalan adalah lurus seperti blok-blok yang tinggal belok kanan kiri bisa lurus.  Hmmm, of course seperti di pegunungan berkelok kelok dan naik turun.  Khususnya daerah jalan Royani.  Disini ternyata dulu bekas kompleks pabrik batik.  How come??? Yup, disekitar Jl. Royani, jangan heran banyak kos kosan bekas pabrik yang disekat-sekat persis bedeng pengungsi. Itu bekas pabrik batik.

Sempet kos di Royani 19,  hmm... inilah Jakarta Segitiga Emasnya.  Gak cuma ada Sudirman dengan business office-nya.  Kos-kosan di Jl. Royani ini sebagian besar menengah ke atas (dalam kisaran harga sewa perbulan diatas sejuta perkamar).  Namun jika jeli, ada juga yang sederhana, sekitar dibawah sejuta sampai minimal Rp. 300ribuan perbulan.  Don't forget... ini harga sekitar tahun 2007-2009.

Makan di Warung Yanto ini bisa murah... Dari Royani jalan kaki belok kiri, 5 menit sudah sampai di warung Yanto ini.  Nasi, lauk sayur dan lauk sederhana (non daging ayam / sapi) bisa cuman Rp. 4000-5000an.  Plus es teh manis paling total Rp. 7000an.  Cuman... please... kalo lagi rame maybe we should tolerante to another person... tempat kecil n sering ngantri.  Jadi kalo mau curhat curhatan ya susah...




Dari depan kamar, kantor kami di Plaza Lippo sedikit gak kelihatan, namun dengan jalan kaki cuma 15 menit... kalo nyantai.. Kalau cepet 10 menit, keluar gerbang ke kanan tiba di Komando III belok kanan -
setelah ada langgar kampung kecil belok kiri sebelah jalan flamboyan - ketemu wit asem depan kos kosan milik juragan kos terbanyak (Pak Marijo, maybe.. inget2 lupa) - keluar belok kanan ketemu jalan Widuri - nyambung ke Jl. Swasembada di foto ini.

Belok kanan sampai ke Jln. Karet Gusuran. Nah Karet Gusuran ini karena letaknya persis di belakang deretan gedung mulai WTC sampai Standard Charter jadi biangnya macet jam-jam sebelum dan sesudah office hour atau break time.   Hmmm... kalo mau lewat pakai mobil or motor ya harus diluar jam-jam itu.


Nah... ikuti jalan berliku yang menjadi jalan alternatif kalau Sudirman macet....

Setelah ada masjid belakang BCA Sudirman, atau klinik, byaarrrr,  back gate Lippo Plaza, Plaza DM1 dan Plaza DM2 langsung bisa diakses pejalan kaki, mobil, atau motor. sampai deh ke belakang parkiran BCA.  Belok kiri lagi.... sampailah kita ke back gate Lippo.   Gedung DM Plaza, samping kiri Lippo dengan menara petir diatasnya.  Sebelahnya Mayapada Plaza... tempat makan alternatif kalo bosen di foodcourt plaza lippo. Tentu saja dari Jl. Komando ke Plaza Lippo di Jl. Sudirman ini kita masuk lewat pintu belakang, sedikit lewat gang tikus nerobos via parkiran dan setapak (beneran setapak, motor aja gepeng kalo lewat).


Kalau yang ke kiri dari pintu gerbang rumah kos... hmm ngelewati tempat mangkal bapak-bapak, mas-mas, atau uda yang baik hati, kita ketemu perempatan Karbela Komando yang kalo lurus belok kanan bisa nyampe ke RS Mata Aini, Setiabudi Building, dan keluar ke Jl. Rasuna Said.  Ditempuh jalan kaki lewat sini lebih cepat, nyaman, aman.  Bahkan buat perempuan.  Paling yang gelap adalah antara Karbela dan RS Aini... gak tau knapa... kemana itu lampu jalan gak pernah menyala.

Dari Karbela belok kiri, gak ada 50 meter kita dah sampai   di Pasar Tradisional Mencos... (foto di atas) Hahaha.. Of course I know kenapa disebut Mencos... orang Jawa bilang Mencos itu mencong, miring, tidak simetris atau tidak lurus.  Terang aja.... aspal disini sepertinya dibuat setelah pedagang lama bercokol makan badan jalan atau mengikuti sedikit demi sedikit tanah atau rumah yang bisa digusur untuk dijadikan jalan pasar.  Meeencoss deh jadinya.  Pasar ini mayoritas berjualan sayur jika pagi.  Malam hari ada juga pedagang sayur yang berjualan, jadi alternatif bagi pendatang yang ingin belanja dan memasak setelah jam pulang kantor. Dipinggirnya banyak pedagang makanan...

Pedagang di pasar ini mayoritas orang Jawa, Padang dan campuran lain antara etnis Cina, Batak dan lain lain.  Jangan heran jika mencoba menawar dengan bahasa Jawa... hahaha... banyak kemungkinan dikasih murah... Takasimura... jarene wong Jepun.  Kalo Minggu pagi... jangan coba coba lewat sini antara jam 07.00 hingga jam 10an... sumpek and macet karena pasar kaget minggu pagi.

1 comment:

tjenarvi said...

no telp informasi kos nya ada gak?

tulisan baru

hadeeeh... gw dari dulu suka nulis.. jangan dibilang kena fb, wa gw gak pernah nulis. emang gw gak suka nyetatus... riskan kalo blog ...