Thursday, October 17, 2013

Tulung Agung.

multiply... bye bye...........  !!!  
"you was gone, out of my life.." 

Yeeehh... bete ama multiply... pindah ke blogspot... eh tahunya malah si multiply ambles tanpa pernah bisa diakses kembali. 

Ilang sudah cetak cetik awalku di dunia blogger... di aankarsono.multiply.com dan nanangtrenggalek.multiply.com Multiply wassalam. 

Alhamdulillah blogspotku  wulanharis.blogspot.cm ini bisa diisi kembali!! Blogspotku ini sudah sekarat sekian lama. More than one year. Mati suri? Kenapa sederhana sekali ternyata solving problemnya?  

Sekian lama jariku ini terpenjara jeruji sign in dkk... tanpa bisa menuang beribu ide dalam kepala ke blog. FB ? Twitter?  Sisi pandanglah yang bisa membuat kita betah  atau angkat kaki jejaring life style itu. 
Melippp deh bahasane. :(

Sekedar preambule saja.





Ini yang aku mau kabarkan pada dunia.  

Refreshing murah meriah dan asyik di Tulung Agung.

Sudah lama gak keluar rumah bertiga, kita bermotor ke Tulung Agung. Berangkat rencana pagi jadinya abis dhuhur juga.  Rumah ibu yg gede memang butuh waktu beres-beres yang lama biar tetap cling kalau ditinggal, menghabiskan waktu separo weekend. Setengah jam dari Trenggalek, berusaha nyantai gak nyalip-nyalip. Si kecil sudah aku siapin bento dengan menu sayur bening, ayam goreng tepung dan tempe, plus air putih. Ortu sih, makan siang di rumah saja. .. 



Kali ini parkir di halaman belakang masjid, lebih aman mau ninggal helm, atau ninggal jaket dibawah jok karena penjaganya dari takmir masjid, gak bakal basah kalo hujan karena ada atapnya.  Di sebelah barat dan timur taman parkirnya rindang untuk motor tapi di pinggir jalan,  tentu saja lebih mudah aksesnya tapi tukang parkir tak berseragam, bikin tak nyaman pula.

Parkiran belakang ini dekat dengan tempat wudlu perempuan.  Setelah istirahat sejenak, baru kami menyeberang ke taman. Selangkah demi selangkah.  Si Tayo seneng sekali.

Sering kali lewat, baru sekali ini sekeluarga mampir k seputaran alun-alun Tulung Agung, yahhh sebut saja Tulung Agung Town Square.  Square karena lengkap, karena meski harus melewati pertokoan sebelum nyampe di pusatnya kota marmer ini. Ada Pendopo Kabupaten, Masjid Agung, Kantor Pos, dan...  hepi banget menemukan perpustakaan negri modern, bagus, bersih, welcome banget di pojok timur seberang taman. 

Jangan biarkan town square cuma dijadiin label mall saja.  MATOS, CITOS, SUTOS, Mlonthosss.. !! Sebell..!! 
Masyarakat jadi tak sadar tergiring dan terdidik untuk mimpi dengan "mimpi-mimpi yang tak terbeliii "- jerit kang Iwan Fals.  
Kapan masyarakat berlibur tak ke mall, hotel, taman bermain atau outbound yang tak harus merogoh kocek terlalu dalam??  


Hemmm ke sini saja. Ke Tulung Agung town Square... Aku mulai jatuh cinta pada town squaremu...


Masjid yang ramah...

Hijau adem, kecil, kokoh, very welcome tanpa pagar, petugas yang ikhlas.. dan modern!






Taman yang mendidik...

Hijau taman Alun-alun kota dari pintu masjid. Parkirannya berbagi dg masjid.









Outbound gratis: rumah pohon buat anak-anak setingkat SD. Jembatan gantung di belakangnya dan merpati di rumah pohonnya. Pembelajaran yang mendekati sempurna buat si kecil. 

Taman ini bener bener luar biasa, untuk ukuran kota kecil, kota kabupaten.  Parkiran rindang buat mobil dan motor, masuk ke dalam disambut penjual pakan burung dan pakan ikan.  Ada beberapa pengunjung tertawa ketika ditawarin pakan itu.  "Sudah bawa dari rumah..." Jagung dan pakan ikan mereka siapkan dari rumah.. Ahh mereka pasti sudah langganan main disini.  Kasihan juga penjualnya, mulai dari anak-anak, remaja, dan ibu-ibu sampai mbah mbah.  Penjual disini tidak memaksa. 

Ditengah tengah kolam dengan koi-nya yang cantik, mendongaklah ke atas... fuiii... merpati terbang kesana kemari.  Seperti di Itali? Burung-burang disana ramah dan berbaur dengan turis. Kolamnya canggih2, ada palazo, jadi bisa buat manggung bagi seniman jalanan, tempat duduk buat nyantai... Yang kurang meja taman.  Coba ada, buat baca dan menulis-nulis atau ngerjain tugas kelompok asik lo.  

Perpustakaan yang modern...

Ahh... semua dalam jangkauan langkah.  
Bahkan langkah-langkah kecil kaki  anakku... si Tayo.

Belum sampai ke Post Office,  Perpus, semacam GNI-nya Kediri di sebelah kirin perpus atau pendopo kabupaten dengan sedikit taman yang bagus juga.

Yang belum tahu kalau tak bawa bekal... mau makan dimana yang deket? Sekilas pandang ada warung tenda di halaman kantor pos.

No comments:

tulisan baru

hadeeeh... gw dari dulu suka nulis.. jangan dibilang kena fb, wa gw gak pernah nulis. emang gw gak suka nyetatus... riskan kalo blog ...