Monday, April 26, 2010

hanging wall tapestry

Baru pagi ini aku ngeh namanya.   Tapestry dan hanging wall. Batik, tenun... dan lain lain.  

 Hmmm... Waktu pertama ke Bali tahun 1986 (?) pas darmawisata SMA ke Bali aku sudah suka kain etnik, dan beli kain tenun multi guna 2 pieces.  Yang kepikiran waktu itu gak dipakai sebagai bahan baju, tapi untuk ditampilkan keseluruhan, karena menurut aku bagus siih.. Tapi gak ngeh juga gimana caranya majang.  So, kain suka aku pakai buat buat tirai, buat cover sofa, buat penutup sprei, sometimes aku pakai sebagai selimut.  Masih ada kain itu sekarang... cuma ya sudah usang sekarang. 

Semua hal tentang kain pajang berasal dari kesukaan aku membaca dan karena kebutuhan. Selain sering lihat di majalah-majalah design, aku selalu suka ngamati kain, atau tenunan yang bisa di pajang sebagai hiasan tembok, taplak, tas atau jadi craft lainnya.

Dari sekitar tahun 1994, aku suka ke toko Mirota di Jln. Raya Gubeng Surabaya.  Toko etnik.  Disana aku temuin banyak kain kain tradisional yang bagus yang bisa dipasang di dinding dengan kayu penopang... atau penggantung.  Uhhh... cantiknya.  Ibu dan Bapak almarhum sering dapat oleh oleh kain kain cantik begini.  Cuma karena gak tahu dan gak bisa dipakai untuk baju, hmm banyak diminta orang atau dikasihkan begitu saja. 


Pagi ini aku temui sebutan untuk kain-kain etnik yang dipajang namanya adalah hanging wall tapestry... hmm.  Masih rancu arti sebenarnya tapestry... ntar aku belajar lagi, lebih mudah belajar dari browsing saja. Dari blog teteh yang geulis ini baru sekarang aku terfokus cari tahu apa yang namanya tapestry itu.  Berawal dari blog ini aku baru ngeh... padahal sekian tahun 'hobby baca di internet' aku ribuan kali baca dan nemuin istilah tapestry ini tapi cuek beibehh... eh taunya ini loo. Soalnya aku lebih suka perhatian ke cross stitch, quilt, sulam.  Tapestry gak pernah aku sentuh. Thanks ya, Yanti..

Apalagi ada tapestry dari kain batik. Sure, very excited.  Sering aku aku lihat quilt batik yang digantung di ekspo Inacraft.  Cantik banget. Banget. Barangkali itu punya Teh Yanti? Sayang Inacraft 2010 yang barusan selesai kemarin, aku gak bisa liat.

.

http://etnikgaleri.blogspot.com/

TAPESTRI











Pengertian Tapestri:

Adalah tenunan yang dibuat dari benang-benang, serat-serat atau bahan lainnya yang memungkinkannya baik berwarna maupun tidak berwarna yang difungsikan
  • Sebagai tas
  • Permadani
  • Keset
  • Tempat pensil
  • Hiasan dinding
Tapestri gambar di atas dibuat dari kain Tradisional antik, kain kontemporer dan kain perca batik antik yang difungsikan sebagai hiasan dinding yang bisa makin mempercantik ruangan anda. Tapestri yang pembuatannya menggunakan teknik patchwork ini tampak ekslusif karena bahannya diambil dari kain batik antik yang kadang-kadang sudah agak pudar warnanya. Kain batik bekas pakai dengan kondisi demikian pasti sangat langka.
Anda bisa menggunakan berbagai motif batik seperti kawung, parang rusak dan ceplokan yang digabung menjadi satu. Bisa juga anda kombinasikan dengan kain polos yang serasi. Di samping itu, tapestri tak hanya bisa diaplikasikan dengan bahan batik, bahan lain juga bisa seperti kain-kain tradisional antik ataupun kain kontemporer yang biasanya ditempatkan di dinding ruangan, sehingga membentuk semacam lukisan indah.
Tehniknya tetap dengan patchwork.
Jenis Tapestri dan corak
  • Tenun tapestri corak rata
  • Corak kilim
  • Tenun tapestri corak soumak
  • Tenun tapestri corak gio

2 comments:

Anonymous said...

assalammualaikum... maaf mbak, salam kenal ... saya irni, dgn id apryln16@yahoo.com, pak kabar ?

:)

saya baca blog mba ...hehehe
mau nanya skaligus mengkoreksi barangkali, ... dpat pengertian tapestri drmn ya? setau saya, karya yg diatas berupa elemen estetik, wall hanging dgn teknik kolase / patchwork, ada juga seperti tenun ikat (krn tidak jelas, kmgkinan juga printing ragam hias tradisonal), trus ada bentuk persegi seperti bantal, klo gak salah teknik quilting :) jd pengertian tapestry sepertinya perlu sedikit ditelusuri. terimakasih :0

Unknown said...

Ass ww Mb Wulan...baca blog mu asyikk juga, maaf baru berkunjung soalnya aku baru sempet ngeblog lagi. sukses selalu ya...

tulisan baru

hadeeeh... gw dari dulu suka nulis.. jangan dibilang kena fb, wa gw gak pernah nulis. emang gw gak suka nyetatus... riskan kalo blog ...